Sabtu, 11 April 2015

Makanan Khas Purworejo



  1. Geblek
13433523811762060939
sumber photo :Lujengarief.wordpress.com





Sejenis makanan goreng yang bentuknya bulat kecil mirip gelang atau setengah angka 8. Tidak heran kalau masyarakat sana sering menyebut panganan itu dengan nama gelangan. Makanan yang terbuat dari tepung singkong itu rasanya sangat gurih. Lebih nikmat kalau disantap saat masih hangat atau baru saja digoreng. Kalau Anda jalan-jalan ke kota Purworejo, Anda bisa mendapati para penjual panganan geblek yang ada di seputar pasar Baledono, dekat alun-alun Purworejo, ataupun dekat pasar Jenar. Dan masih banyak lagi lokasi dimana Anda bisa mendapatkan panganan geblek tersebut di Purworejo. Uniknya banyak wisatawan yang suka menikmati geblek dengan campuran saus ataupun sambal kacang. Perlu dicoba nih sobat!

2. Krimpying/Lanting
13433528951680134691
photo lanting: purworejokab.go.id





Panganan khas yang satu ini masih sejenis gorengan yang berbahan dasar singkong dan warnanya krem. Bentuknya bulat-bulat berlubang tengah seperti geblek. Namun kalau krimpying lebih keras dan kremes-kremes. Kalau yang agak kecil bentuknya mirip cincin biasanya disebut dengan nama lanting. Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan yang tahan lama. Jadi bisa dibawa buat oleh-oleh.
3. Kue Lompong
1343353214519529465
Sumber photo: purworejonews.com




Ialah kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.Yang bikin unik panganan yang satu ini karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Konon warna hitam pada kue lompong ini berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue. Uniknya lagi pada setiap gigitan kue lompong ada suatu rasa sangat khas yang terasa di lidah kita. Itulah rasa klaras yang menjadi pembungkusnya. Benar-benar unik dan patut Anda coba sobat.

4. Clorot
1343352680932038375
sumber photo: http://revienspurworejo.com




Dari namanya saja sudah unik dan menggelitik ya. Panganan khas Purworejo yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dalam pilinan daun kelapa yang masih muda (janur kuning). Bentuknya seperti terompet kecil yang dibalut janur kuning, rasanya manis hampir seperti wajik atau dodol.
5. Rengginang
13433533141662796446
Sumber Photo: wayahbagelen.blogspot.com





Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan gorengan yang terbuat dari ketan yang dimasak. Bentuknya bulat unik dan agak gepeng. Rasanya kriuk-kriuk dan pastinya cukup menggoda selera Anda para pecinta kuliner. Hehehe…
6. Cenil
1343353832172614124
sumber : jepretanlensa.blogspot.com
Panganan khas Purworejo yang satu ini dibuat dari pati ketela pohon (tepung kanji). Bentuknya bulat-bulat kecil seperti kelerang. Biasanya ada warna-warni dan bertabur dengan parutan kelapa yang manis. Saat dimakan akan terasa manis dan kenyal. Biasanya dibungkus dengan daun pisang. Panganan ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional Purworejo.
Demikianlah hasil reportase sederhana uniknya kuliner khas Purworejo yang dapat saya share. Sebenarnya selain ketujuh panganan yang telah saya tuliskan di sini masih banyak kuliner khas Purworejo lainnya yang tidak kalah menarik. Bagi Anda sobat-sobat sekalian para pecinta kuliner, kalau masih penasaran silahkan boleh dicoba datang langsung ke Purworejo. Tapi ingat, dimakannya sehabis waktu berbuka puasa tiba. Hehehe….

1 komentar:

  1. celorot itu makanan khas purwerejo yaa ,baru tau nih stelah baca
    biasanya makanan ini kita jumpai di lombok kalau ada acara atau lebaran gtu

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    BalasHapus